semoga blog ini dapat berguna bagi pembacanya

Jumat, 15 Oktober 2010

teori christaller

Teori Cristaller
Walter Christaller dalam bukunya menjelaskan bagaimana susunan dari besaran kota, jumlah kota, dan distribusinya dalam suatu wilayah. Model Christaller ini merupakan suatu sistem geometri dimana angka 3 yang diterapkan secara arbiter memiliki peran yang sangat berarti.
Christaller mengembangkan modelnya untuk suat wilayah abstrak dengan ciri berikut;
1) Wilayah adalah daratan tanpa roman, semua datar dan sama.
2) Gerakan dapat dilaksanakan ke segala arah
3) Penduduk memiliki daya beli yang sama dan tersebar secara merata pada suatu wilayah
4) Konsumen bertindak rasional sesuai dengan prinsip minimalisai jarak (biaya).
Luas pemasaran minimal sangat tergantung pada tingkat kepadatan penduduk pada wilayah asumsi. Makin tinggi kepadatan penduduk makin kecil wilayah pemasaran minimal, begitu sebaliknya. Dalam hal ini misalnya wilayah pemasaran minimal itu adalah dengan radius 4 km. Wilayah pemasaran minimal disebut thereshold. Tidak boleh ada produsen untuk komoditas yang sama dalam ruang threshold . Apabila ada, salah satu akan gulung tikar atau kedua-duanya akan gulung tikar dan kemudian muncul pengusaha baru. Bentuk hubungan antara range dan threshold dapat dilihat pada gambar berikut ini:

Gambar : Luas jangkauan range dan threshold
Model Christaller tentang terjadi modelnya area perdangan heksagonal sebagai berikut;

1) Mula-mula terbentuk areal perdagangan satu komoditas berupa lingkaran-lingkaran. Setiap lingkaran memiliki pusat dan menggambarkan threshold dari komoditas tersebut.
2) Kemudian digambarkan lingkaran-lingkaran berupa range dari komoditas tersebut yang lingkarannya boleh tumpang tindih.
3) Range yang tumpang tindih dibagi antara kedua pusat yang berdekatan sehingga terbentuk areal yang heksagonal yang menutupi seluruh daratan yang tidak lagi tumpang tindih.
4) Tiap barang berdasarkan tingkat ordenya memiliki heksagonal sendiri-sendiri.
Berdasarkan model k=3, pusat dari hierarki yang lebih rendah berada pada sudut dari hierarki yang lebih tinggi sehingga pusat yang lebih rendah berada pada pengaruh dari tiga hierarki yang lebih tinggi darinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Free Hit Counter